Company Profile

SEJARAH PT. KRAKATAU POSCO CHEMTECH CALCINATION

PT. Krakatau Posco Chemtech Calcination dibangun atas kebutuhan kapur bakar dari PT. Krakatau Posco yang membutuhkan kapur bakar dalam melakukan proses produksi baja.
Pada tanggal 26 Mei 2011, antara Posco Chemtech Co.,Ltd dan PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon sepakat untuk menandatangani MOA (Memorandum of Agreement) untuk membangun pabrik kapur bakar dalam memenuhi kebutuhan PT. Krakatau Posco.

MOA Signing Ceremony

Kesepakatan MOA tersebut dilanjutkan dengan penandatanganan JVA (Joint Venture Agreement) antara Posco Chemtech dan PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon pada tanggal 10 November 2011 yang dilaksanakan di Pohang, Korea Selatan.


 
JVA Signing Ceremony

Pada tanggal 06 Januari 2012, disepakati pembentukan PT. Krakatau Posco Chemtech Calcination di hadapan notaris M. Nova Faisal  SH, MKn dan disepakati bahwa porsi saham KPCC adalah 80% dari Posco Chemtech Co, Ltd dan 20% adalah PT. Krakatau Industrial Estate Cilegon, selanjutnya pada tanggal 17 Januari 2012, Kementrian Hukum dan HAM Indonesia, resmi mengeluarkan surat keputusan berdirinya PT. Krakatau Posco Chemtech Calcination.

Untuk menandai dimulainya proses konstruksi pembangunan PT. Krakatau Posco Chemtech Calcination, diadakan upacara pemasangan paku beton untuk pertama kalinya pada tanggal 22 Maret 2012.

Proses konstruksi pembangunan PT. Krakatau Posco Chemtech Calcination dilaksanakan sesuai jadwal yang telah ditetapkan sehingga commissioning dapat dilakukan pada bulan Agustus sampai dengan Desember 2012. Proses pengiriman hasil produksi untuk pertama kali yaitu dikirimkan ke PT. Krakatau Posco pada tanggal 10 Desember 2012.

Pengiriman Pertama Kapur Bakar

Saat itu menandakan juga bahwa PT. Krakatau Posco Chemtech Calcination telah resmi beroperasi dengan kapasitas terpasang sejumlah 600 Ton / Day dengan produk kapur bakar berukuran kasar ( ukuran 5 - 50 mm) dan halus (ukuran < 3 mm).

PT. Krakatau Posco Chemtech Calcination saat ini selain menjual kapur bakar ke PT. Krakatau Posco, juga melakukan penjualan ke perusahaan lain yang membutuhkan kapur bakar dengan kualitas yang tinggi dan diolah dengan teknologi mutakhir.